Cara Mengatasi Laptop Lemot Mudah Tanpa Install Ulang

Pada umumnya orang yang menggunakan laptop mengeluh mengenai kinerja laptop yang mulai melambat atau lemot performannya. Lemot perfoma dilaptop menyebabkan banyak pekerjaan atau kegiatan yang tertunda karena masalah tersebut. Sehingga menyebabkan kerugian baik secara tenaga atau pekerjaan bagi pemilik laptop tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Mudah Tanpa Install Ulang

Banyak penyebab yang dapat menyebabkan laptop menjadi laptop. Tidak sedikti antara lain laptop lemot karena penyimpanan pada laptop tersebut sudah menipis hampir tidak ada ruang penyimpanan yang dapat digunakan pada laptop. Sehingga masalah tersebut merupakan salah satu penyebab dari laptop mengelami lemot performa.


Penyebab Laptop Lemot

  • Banyak Program Berjalan

Banyak program dijalankan hal ini merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Karena dengan banyaknya program yang berjalan secara bersamaan membutuhkan juga tenaga ekstra dari laptop tersebut. Apabila laptop hanya memiliki resource sedikit maka laptop akan lemot bahkan bisa macet.

  • Ram Kecil

Kapasitas ram yang kecil, ram merupakan salah satu komponen penting pada laptop yang menunjang performa pada laptop menjadi semakin lancar. Memiliki kapasistas ram yang besar maka kinerja laptop akan semakin meningkat dan tidak akan terjadi lemot pada laptop.

  • Aplikasi Tidak berguna

Banyak aplikasi tidak berguna, banyak pengguna awam yang melakukan instalasi aplikasi yang tidak berguna sehingga membuat laptop menjadi penuh dan lambat. padahal cukup gunakan aplikasi yang sering digunakan saja dan yang lain uniinstal saja. 

  • Virus

Laptop terkena virus, salah satu penyebab dari laptop lemot kemungkinan laptop anda terkana virus  sehingga membuat komputer menjadi rusak ataupun melambat. Banyak sekali jenis virus yang dapat menyerang perangkat laptop anda antara lain worm, trojan, backdoor, spyware dan lain lain. 


Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah tahu beberapa penyebab laptop jadi lemot, hal berikutnya yg mampu Anda ketahui merupakan tentang merawat atau cara mengatasi laptop lemot. Bukan cuma sekadar membersihkan berdasarkan debu, perawatan komponen lain dalam laptop pula menaruh efek ke kinerja personal komputer  jinjing tersebut. Apa saja caranya? Simak ulasannya berikut ini!


1. Gunakan Laptop Sesuai Spesifikasi

Agar laptop nir lemot & mampu dipakai pada jangka saat panjang, maka Anda wajib  menggunakannya menggunakan bijak sinkron menggunakan spesifikasi yg dimilikinya. Untuk itul jangan mengunduh & memasang pelaksanaan atau aplikasi yg membutuhkan ruang penyimpanan & proses pengolahan lebih akbar  daripada kemampuan laptop.


Lantaran itulah waktu hendak membeli laptop, cek dulu kapasitas RAM sekaligus spesifikasi lain yg dimiliki. apabila Anda telah memahami spesifikasi laptop, maka mampu memasang pelaksanaan sinkron kemampuan. Contohnya Anda yg berprofesi menjadi akuntan, tidak mungkin memasang pelaksanaan sekelas Corel Draw, Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator yg dipakai buat bidang desain grafis.


2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Selain Anda meng-install sendiri, umumnya telah terdapat pelaksanaan atau aplikasi yg terpasang waktu membeli laptop. Bahkan terdapat jua beberapa acara yg mungkin tanpa sadar ter-install otomatis lewat Adware. apabila dibiarkan, tentu jumlah pelaksanaan dalam laptop bakal membengkak & mampu menciptakan kinerjanya lemot.


Untuk mengatasi syarat ini, Anda mampu mencoba buat menghapus acara atau pelaksanaan yg nir terpakai. Caranya mudah, tinggal uninstall saja pada drive C:/ atau drive lain yg biasa dijadikan loka penyimpanan arsip primer sebuah pelaksanaan. Cara perawatan laptop ini sangatlah krusial lantaran menggunakan menghapus pelaksanaan-pelaksanaan tidak berguna, menciptakan RAM & HDD dalam laptop lebih lega sebagai akibatnya laptop nir lemot.


3. Tambah kapasitas RAM

Seperti yg telah dijelaskan sebelumnya, galat  satu penyebab terjadinya laptop berkinerja lamban merupakan kapasitas RAM yg kurang memadai. Oleh lantaran itu, cara selanjutnya buat mengatasi laptop yg lemot merupakan menggunakan menambah kapasitas RAM terhadap laptopmu.


Kendati demikian, perlu diperhatikan waktu ingin menambah RAM, misalnya spesifikasi RAM & kapasitas aporisma  RAM yg mampu dipasang pada laptopmu.


4. Tutup tab browser

Tanpa disadari, membuka tab terlalu poly waktu menelusuri internet jua akan Mengganggu kinerja laptopmu. Oleh lantaran itu, segera tutup tab yg telah nir dipakai lagi.


5. Pakai antivirus

Virus atau malware jua sebagai galat  satu penyebab kenapa laptop engkau  terkadang lambat. Oleh lantaran itu, cara buat mengatasi laptop yg lemot selanjutnya merupakan menggunakan memasang antivirus.


Saat ini, engkau  mampu mencari pelaksanaan antivirus pada internet & eksklusif menginstalnya. Dilansir berdasarkan Cnet, galat  satu antivirus terbaik buat Windows merupakan Microsoft Defender. Tetapi perlu diingat, selalu rutin cek antivirus saat telah memasangnya pada laptop.


6. Lakukan disk cleanup

Cara lainnya buat mengatasi laptop yg lemot agar nir mengganggu pekerjaanmu merupakan menggunakan melakukan disk cleanup. Disk cleanup dilakukan buat menghapus arsip-arsip yg nir perlu, misalnya temporary files, arsip installer, & lain-lain.

Bagaimana caranya? Kamu tinggal klik Start kemudian cari “Disk cleanup”.

Di situ, nanti terdapat pilihan apa saja yg ingin engkau  hapus.


7. Menghentikan superfetch memakai CMD

Service superfetch atau disk usage engkau  sanggup jadi telah mencapai 100%. Hal ini telah niscaya akan menciptakan laptop sebagai lemot. Nah, cara mengatasi laptop lambat menggunakan CMD yaitu:

  1. Buka Command Prompt terlebih dahulu
  2. apabila CMD telah terbuka ketik "net.exe stop Superfetch" kemudian Enter
  3. Selanjutnya ketik "net.exe stop "Windows Search""

Nah, itu beliau 7 cara yg sanggup engkau  lakukan buat mengatasi laptop yg sedang lemot supaya nir mengganggu pekerjaan.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama