Login Page dengan Validation dan Session Codeigniter 3

Login Page dengan Validation dan Session Codeigniter 3

Selamat datang diblog justix, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai cara membuat form login menggunakan framework codeigniter 3 disertai dengan validasi dan session. Untuk membuat login page tersebut dibutuhkan berupa codeigniter 3 serta source login page.
  1. Codeigniter 3
  2. Database
  3. Adminlte(sesuaikan kebutuhan, tidak wajib)
Persiapakan database terlebih dahulu, pada contoh ini saya menggunakan table user yang berisi field user_id, name, image, email, username, password, role_id, is_active untuk database bisa disesuaikan kebutuhan.
Database


Source code controller

penjelasan source code
pada fungsi consturct disini saya masukan library dan model untuk meload secara otomatis library form validation dan juga model auth.

lalu terdapat fungsi login_validate() pada fungsi tersebut digunakan untuk melukan set rules terhadap form validation

fungsi login() pada fungsi ini berisi source code untuk login tersebut. seperti meload views dan juga melakukan pengecekan pada database.

pertama pada $this->login_validate() tersebut berarti memanggil rules validasi pada fungsi login_validate() tersebut

$this->form_validation->run() == FALSE digunakan untuk mengecek jika validation tidak sesuai dengan rule yang dibuat maka akan diarahkan ke halaman view login kebali

jika form_validation TRUE maka akan dilakukan pengecekan pada database dengan cara $this->auth_m->login() pada model, jika hasil pengecekan tidak ada maka user not-found/username not found.

lalu dicek apakah response dari pengecekan pada model ada? jika ada maka dilakukan pengecekan kembali apakah user tersebut aktif atau tidak, jika tidak maka akan muncul notifikasi bahwa user belum diaktifasi.

setelah itu dicek kembali untuk memastikan kembali password sudah benar, dengan menggunakan fungsi php password_verify pada input form password

jika semua sudah valid maka data dari response dimasukan kedalam array yang berisi user_id, username, role_id lalu dimasukan kedalam session 

setelah memasukan kedalam session dicek kembali mengenai role yang dipunya user apa jika role 1 maka kehalaman admin jika role 2 maka kehalaman panitia



Source code model


penjelasan 
pada  model auth_m berisi hanya 1 fungsi yaitu login() fungsi ini digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap user yang melakukan login. pada fungsi tersebut menggunakan where dan or where karena user dapat login menggunakan dua data yaitu username/email jadi dilakukan pengecekan pada 2 data tersebut, jika disalah satu data ada maka kembalikan data tersebut. lalu pada controler dicek kembali untuk validasi password kembali.


Source code view


penjelasan 
pada source view ini saya menggunakan desain dari form login dari template admin lte, jadi untuk form login ini bisa disesuaikan dengan selera masing masing. 

Login page


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama